52 contoh warna stain dari empat jenis kayu pada proses finishing mebel

apa itu warna stain ?

warna stain adalah pewarna pada proses finishing mebel model transparan, sehingga serat atau grain pada kayu tersebut masih terlihat ketika dilapisi dengan warna stain yang cerah maupun gelap, karena selain warna natural dari jenis kayu yang biasa dijadikan mebel ternyata, warna finishing atau biasa disebut plistur bisa direkayasa dengan berbagai macam jenis warna dan, serat atau urat atau grain serta tekstur dari kayu mebel tersebut masih terlihat ( transparan ).

dipostingan kali ini saya akan membagikan kepada boswik contoh warna stain finishing mebel dari empat jenis kayu , panel kayu yang ada pada poto dibawah ini saya buat antara 3 - 4 tahun yang lalu sebelum postingan ini dibuat, juga bisa dijadikan referensi dan review studi kasus ketahanan warananya, langsung aja tanpa basa basi cek gambar dibawah ini ya boswik :

1. warna stain finishing black rustic mahogany atau kayu mahoni, rustic sendiri memiliki arti tua karena permukaan kayunya sudah terjadi sedikit erosi akibat usia namun, jenis finishing rustic pun juga bisa dibuat atau direkayasa tanpa harus menggunakan kayu yang berusia tua, prosesnya bisa dilakukan dengan sikat kawat gerinda.karena kayu mahoni berwarna kemerahan jadi hasil akhir dari jenis finishing black rustic mahogany ini terkesan hitam kemerah merahan.

black rustic mahogany wood
2. warna stain finishing black rustic mindi wood atau kayu mindi, sama dengan kayu mahoni yang diatas karena warna stain sama dan gaya rustic juga maka sepintas antara kayu mahoni dan mindi ini tidak ada bedanya tapi, akan terlihat berbeda jika boswik memperhatikan alur dari serat yang dibentuk pada saat proses merustic. mahoni yang condong memiliki serat atau grain kayu yang halus dan tipis ketika di rustic serat kayunya tidak begitu terlihat.

black rustic mindi wood
3. warna stain finishing black rustic pine wood atau kayu pinus atau jati belanda, karena warna hitam itu warna yang kuat jadi setiap warna black stain pada jenis kayu yang berbeda sepintas masih terlihat sama, namun kita masih bisa teliti dari bentuk ataupun alur serat kayunya.

black rustic pine wood

4. warna stain finishing black rustic teak wood atau kayu jati ini jelas berbeda dengan jenis kayu yang lainya, jati yang memiliki warna kayu yang coklat tua kemerah merahan ketika di beri polesan warna black stain maka warna dasar kayunya relatif masih terlihat cukup jelas.

black rustic teak wood

5. masih berkutat dengan warna black stain pada kayu mahogany atau mahoni, tapi gambar dibawah ini memiliki varian black stain yang kayunya tidak di rustic, sekilas terlihat seperti cat hitam solid akan tetapi apabila di amati maka warna hitam nya akan terlihat sedikit transparan terhadap warna kayunya, cara tesnya tinggal di sorot dengan cahaya lampu senter ataupun lampu led handphone anda.

black stain mahogany wood

6. berbeda dengan kerabatnya kayu mahoni, gambar dibawah ini adalah jenis warna black stain yang diaplikasikan pada kayu mindi, kesan transparan warnanya mulai terlihat dengan adanya guratan halus dari serat kayu mindi itu sendiri.

black stain mindi wood

7. kayu pinus atau jati belanda juga memiliki serat kayu yang tegas dan jelas serta indah, jadi warna black stain apabila di aplikasikan pada kayu pinus maka kesan transparanya sangat terlihat jelas.

black stain pine wood


8. berbeda dengan kayu jati walaupun memiliki warna kayu yang cenderung gelap, apabila diaplikasikan dengan warna black stain maka kesan warna transparanya masih terkesan samar samar.

black stain teak wood


9. dari namanya saja sudah terbayang manisnya yap warna stain candy brown yang diaplikasikan pada kayu mahoni pada gambar dibawah ini dapat memanjakan mata boswik ketika memandangnya, serat kayu mahoni yang minimalis di pertemukan dengan warn kalem nan transparan.





10. sudahlah serat kayunya indah dan bertemu pula dengan warna stain candy brown, jika boswik ingin membuat mebel dari bahan kayu mindi serta finishing transparan pilihan warna ini bisa untuk dijadikan sebagai referensi.

candy brown stain mindi wood


11. warna stain candy brown jika diaplikasikan kepermukaan kayu pinus atau jati belanda juga tak kalah sedap untuk dipandang dan bisa juga dijadikan sebagai referensi pilihan warna finishing.

candy brown stain pine wood



12. warna stain candy brown jika diaplikasikan kepermukaan kayu jati, maka akan terjadi peralihan tone warna ke arah kuning kecoklatan sama seperti kerabatnya kayu jati belanda, akan tetapi warna nya masih terkesan cerah dan bergairah untuk di pandang mata serta masih layak untuk dijadikan refernsi warna.

candy brown stain teak wood


13. namanya saja cocoa stain sudah pasti menggiurkan untuk dilihat, akan tetapi warna stain cocoa apabila diaplikasikan kepermukaan kayu mahoni yang memiliki dasar warna kayu kemerah merahan ini menjadikan warna cocoa nya juga ikut arah tone warna nya ke merah.

cocoa stain mahogany wood


14. kayu mindi yang warna dasar kayunya putih kecoklatan akan cocok ketika diberikan sentuhan warna cocoa stain yang seolah menyatu dengan warna asli kayunya.

cocoa stain mindi wood



15. eksotis jika warna cocoa stain ini bertengger di permukaan kayu pinus yang identik dengan serat kayu yang sensasional ini, saya tak bisa berkomentar lebih lanjut cukup di jadikan sebagai referensi boswik dalam memilih warna finishing yang cocok untuk mebel kayunya.

cocoa stain pine wood



16. saya sengaja menggunakan kayu jati yang sedikit berwana muda dan masih ada kayu gubal ( atau kayu yang berwarna putihnya ) jika boswik belum tau tentang kayu gubal bisa melihat kembali postingan saya terdahulu tentang seluk beluk kayu jati DiSini, warna cocoa ini bisa dijadikan sebagai warna untuk memberikan kesan tua pada kayu jati atau juga bisa dijadikan sebagai alternatif warn penyamar antara kayu gubal dengan kayu teras nya jati tersebut.

cocoa stain teak wood



17. sebenarnya hampir mirip dengan black stain yah ? emang iya ini adalah grey stain turunan warna dari black stain yang diaplikasikan dipermukaan kayu mahoni, ini bisa menjadi referensi boswik jika tidak senang dengan warna hitam pekat.

grey stain mahogany wood




18. serat kayu akan lebih jelas terlihat transparan seperti kaca film mobil dengan tingkat transparan 20% yah..ini adalah grey stain pada kayu mindi.

grey stain mindi wood




19. seperti monochrome yah...hehe ya ini adalah warna grey stain pada kayu pinus atau jati belanda.

grey stain pine wood



20. ini juga masih 20% tingkat transparan kaca filmnya, boswik juga dapat menjadikan referensi warna stain grey pada permukaan kayu jati seperti gambar dibawah ini tapi maaf caption yang ada di gambarnya salah ketik hehe :

grey stain teak wood



21. bagi boswik pecinta origainalitas sebuah produk, maka warna natural dari kayu mahoni ini patut untuk dijadikan referensi. karena bagaimanapun juga warna asli dari kayu itu sudah bagus dan dirancang sedemikian rupa oleh sang Maha Penciptanya. jika boswik ingin mengetahui lebih jelas tentang karakteristik kayu mahoni bisa dilihat DiSini .

natural mahogany wood



22. begitu juga dengan kayu mindi dibawah ini, selain warna aslinya sudah indah ditambah lagi dengan bentuk dari serat kayunya yang rupawan sehingga pilihan warna natural bisa dipertimbangkan untuk dipinang jadi warna finishing mebel boswik.

natural mindi wood



23. bukan jati belanda namanya kalo tidak menggoda ups maksudnya keindahan serat kayu pinus atau kayu jati belanda itu sudah tidak kita pungkiri lagi, jadi ngapain harus dikamuflasekan dengan warna ? itu semua kembali kepada selera boswik masing masing.

natural pine wood



24. pada gambar dibawah ini saya memberikan 3 contoh warna natural kayu jati dari grade A, grade B dan grade C, sebenarnya ini lebih erat kaitanya ketika sudah menjadi sebuah produk mebel, kareana saya bikin sample warnanya pada panel kayu ukuran 25 x 10 cm maka cukup sulit untuk menjelaskanya secara detail mungkin bahasan INI bisa sedikit memberikan penjelasan.grade A adalah grade yang paling bagus dan grade C adalah yang paling rendah semua berpengaruh kepada harga.

natural teak wood grade A

natural teak wood grade B

natural teak wood grade C




25. gambar dibawah ini adalah warna natural kayu mahoni yang di rustic, karena serat atau urat kayu mahoni halus jadi kesan kayu tua atau rusticnya agak sulit dicapai terutama terhadap kayu baru atau kayu olahan dari log ( gelondong )

natural rustic mahogany wood



26. selain menampilkan kesan kayu tua finishing rustic juga dapat menambah kesan eksotis sebuah produk mebel, gambar dibawah ini adalah contoh finishing natural rustic kayu mindi yang eksotis dan cantik dengan ciri khas keindahan serat kayunya.

natural rustic mindi wood




27. kayu pinus atau jati belanda apabila dirustic akan cenderung menghasilkan erosi permukaan kayu yang dalam, semua itu tergantung selera masing masing, rustic juga bisa dibuat tipis hanya sekedar untuk membuka pori pori kayu ada juga yang extrim dalamnya erosi permukaan kayu, so contoh finishing natural rustic kayu pinus atau jati belanda ini bisa dijadikan bahan referensi ketika boswik hendak memesan mebel.

natural rustic pine wood



28. mau gimana juga kayu jati sebagai kayu primadona di jepara tetap mendapat tempat di kalangan masyarakat sebagai kayu pilihan terbaik, contoh finishing natural rustic kayu jati dibawah ini salah satu opsi lain buat anda yang ingin menghadirkan nuansa asri dan etnic

natural rustic teak wood




29. warna red mahogani stain adalah warna natural dari kayu mahoni jika boswik ingin mempertegas kesan warna merah dari kayu mahoni bisa menambahkan unsur warna red mahogany stain ini ketika proses finishing.

red mahogany stain mahogany wood




30. ketika warna red mahogany stain di aplikasikan kepermukaan kayu mindi maka tone warna merahnya sedikit agak gelap karena warna natural kayu mindi sendiri sudah ada warna coklat kemerah merahannya.

red mahogany stain mindi wood




31. ada yang bilang ini kayak walnut ada yang bilang ini warna salak tapi ini warna red mahogany stain yang diaplikasikan kepermukaan kayu jati yang agak berwarna coklat gelap.

red mahogany stain teak wood



32. perpaduan antara warna natural kayu jati belanda yang putih kekuning kuningan di beri sentuhan warna stain red mahogany kepermukaan kayunya sehingga menghasilkan model warna finishing seperti gambar dibawah ini :

red mahogany pine wood




33. salak brown stain adalah warna gelap, jadi secara teknis jika ada permintaan pembeli warna gelap relatif lebih mudah ketika proses penyamaan warnanya, walaupun kayu mahoni berwarna merah cerah tetap akan menjadi gelap ketika diaplikasikan warna salak brown ini ke permukaan kayunya.

salak brown stain mahogany wood




34. warna salak brown stain itu terinspirasi dari warna kulit salak jadi ketika warna tersebut diaplikasikan kepermukaan kayu mindi maka akan mendapatkan hasil seperti gambar dibawah ini :

salak brown stain mindi wood




35. begitupula jika warna salak brown stain di semprotkan pada permukaan kayu pinus atau jati belanda akan menghasilkan warna seperti ini :

salak brown stain pine wood




36. ketika mengaplikasikan warna salak brown stain ke permukaan kayu jati, perlu diperhatikan ratio takaran warnanya, karena semakin banyak takaran warnanya akan semakin gelap warnnya, jika kasusnya pada kayu jati yang notabene merupakan kayu yang berwarna gelap maka boswik harus memperhitungkan tingkat kegelapan warananya.

salak brown stain teak wood



37. warna walnut stain juga merupakan kategori warna gelap, warna walnut sendiri juga terinspirasi dari warna natural kayu walnut yang juga merupakan jenis kayu berwana gelap, jadi tetap pertimbangkan ratio takaran tingkat kegelapan tone waranya sesuai selara boswik masing masing ya, pada gambar dibawah ini adalah waran walnut stain yang diaplikasikan kepermukaan kayu mahoni.

walnut stain mahogany wood



38. ini juga masih temasuk kategori warna walnut stain yang di aplikasikan kepermukaan kayu mindi.

walnut stain mindi wood




39. warna walnut stain yang diaplikasikan kepermukaan kayu pinus atau jati belanda.





40. warna kayu jati akan semakin terlihat tegas dan terkesan kayu tua ketika walnut stain di aplikasikan kepermukaan kayunya seperti gambar dibawah ini, tapi tetap pertimbangkan juga tingkat kegelapanya ya boswik.

walnut stain teak wood



41. nuansa etniknya sangat terasa kental ketika kayu mahoni yang dirustic terus pori pori kayunya diberi sentuhan warna putih yang dikenal dengan istilah jenis finishing white wash, semua itu tergantung selera, dan opsi finishing seperti ini juga bisa dijadikan sebagai referensi ketika boswik hendak membeli sebuah produk mebel berbahan dasar kayu.

white wash rustic mahogany wood




42. semakin lebar permukaan mebelnya semakin bagus bentuk perpaduan serat kayunya dan juga semakin indah kesanya tatkala finishing white wash rustic menjadi pilihan boswik ketika bahan dasar pembuat mebelnya dari kayu mindi, seperti dibawah ini penampakanya :

white wash rustic mindi wood




43. beda bentuk serat kayu akan berbeda pula kesan hasil akhir jadinya, dibawah ini adalah jenis finisihing white wash yang diaplikasikan  kepermukaan kayu pinus atau jati belanda.

white wash rustic pine wood



44. ketika sudah lama jika jenis finishing white wash rustic di aplikasikan ke kayu jati maka getah kayu jatinya akan keluar seiring berjalanya waktu seperti contoh gambar dibawah ini yang sudah dibuat sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu terhitung saat postingan ini dibuat, yap semua contoh panel finishing ini dibuat sudah lumayan lama.

white wash rustic teak wood




45. teori psikolog tentang warna kuning yang membawa kesan ceria itu benar adanya, so boswik juga bisa menghadirkan suasana ceria tersebut kedalam produk mebel kesayanganya, seperti contoh gambar dibawah ini jenis warna yellow stain yang diaplikasikan kepermukaan kayu mahoni.

yellow stain mahogany wood



46. sudah ceria bagus pula serat kayunya yang terlihat jelas pada contoh gambar dibawah ini merupakan jenis finishing yellow stain pada kayu mindi.

yellow stain mindi wood



47. warna yellow stain akan terlihat menyolok sekali ketika diaplikasikan kepermukaan dasar kayu  berwarna putih atau cerah seperti contoh dibawah ini yang menggunakan kayu jati belanda.

yellow stain pine wood



48. warna yellow stain akan nampak kalem dan dapat mencerahkan warna dasar kayu jati yang relatif gelap seperti gambar dibawah ini :

yellow stain teak wood




49. akhir akhir ini banyak custmer suka dengan kayu berwarna putih, akan tetapi pilihan bahan baku kayu yang berwarna putih masih terbatas, maka solusi akhirnya adalah dengan melalui proses pem bleachingan terhadap warna di permukaan kayu, berikut ini adalah contoh finshing bleaching pada kayu mahoni.

bleaching white mahogany wood



50. contoh finishing bleaching pada kayu mindi, setelah lebih dari 3 tahun warna putihnya masih tetap terjaga. ada beberapa kasus ketika proses bleaching yang merusak kandungan mineral didalam kayu karena bahan dasar bleaching adalah kimia, maka perlu teliti sebelum menggunakan bahanya,  kalau bisa gunakanlah yang ramah lingkungan.

bleaching white mindi wood



51. berbeda dengan kayu jati belanda setelah lebih dari 3 tahun warna kayu pinusnya mulai terlihat kembali di permukaan, karena proses bleaching itu hanya mampu memutihkan warna kayu sampai 3 mm masuk dari permukaan kayu.beda kayu beda kasusnya.

bleaching white pine wood



52. kayu jati yang saya pergunakan saat membuat sample finishing bleaching ini adalah kayu jati muda jadi proses pembleachinganya cepat dan lumayan awet ketahanan warnanya, karena perlu boswik ketahui semakin tua warna kayu jatinya semakin susah proses pemutihanya ( jika warna putih yang diinginkan mulus ), sebaiknya jika hendak membuat mebel dengan finishing putih, pertimbangkanlah pemilihan kayunya terlebih dahulu, disamping bisa menghemat pengeluaran juga hasil yang didaptkan maksimal.

bleaching white teak wood


masih banyak lagi jenis warna dan ragam model finishing mebel yang bisa boswik eksplore, sample finishing diatas adalah properti dari wikimebel yang sudah dipergunakan sejak 4 tahun yang lalu, boswik dapat mempergunakanya dan mendownloadnya, saya akan memberikan file hightrestnya jika ada komentar maupun saran dikolom komentar dari boswik sekalian, setiap manusia memiliki selera yang berbeda juga kelebihan dan kekurangan yang berbeda pula, maka dengan segala kerendahan hati saya mengucapkan maaf jika ada perkataan atau salah dalam penulisan mohon untuk dimaklumi, karena apa yang saya tulis dalam postingan ini tidaklah mutlak akan kebenaranya, itu semua murni dari beberapa pengalaman yang sudah pernah dilalui, sekian dulu tulisan kali ini dan semoga kita bisa bertemu kembali pada postingan saya selanjutnya, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.


Komentar